Merawat mobil sebenarnya tidak terlalu ribet. Anda hanya harus
telaten dan menemukan teori-teori dari beberapa sumber, lalu Anda
praktekkan sendiri. Salah satu komponen mobil yang bisa Anda coba untuk
menyetingnya sendiri adalah karburator bensin.
Komponen yang satu
ini memang selalu meminta perawatan rutin, terutama dalam
membersihkannya. Kalau tidak cukup bersih, biasanya akan sangat
mengganggu kinerja mesin terutama dalam hal transportasi bahan bakar.
Bensin yang kotor disaring dan masuk ke karburator. Karena itulah,
karburator sangat rentan kotor.
Langkah
awalnya, kendurkan dulu skrup idle up. Terus putar hingga idle ini
sudah tidak bisa lagi menurunkan RPM mesin. Ditandai mesin yang akan
terus menyala meskipun skrup sudah dikendurkan. Ini tandanya, sudah
waktunya putaran dihentikan.
Langkah
selanjutnya, kendurkan sekrup RPM mesin hingga mesin kurang dari 500.
Tapi tetap kendalikan mesin hingga pada RPM yang tepat. Tidak terlalu
tinggi tapi juga tidak terlalu rendah sehingga mesin mati. Kalau sudah
selesai, waktunya beralih ke skrup yang mencampurkan antara bensin dan
udara.
Putar
sekrup idle ini ke arah kiri hingga nyaris putaran mesin mati. Lalu,
balikkan lagi ke arah kanan sampai mesin juga nyaris mati. Kemudian cari
RPM tertinggi. Caranya, putar kembali skrup yang tadi ke arah kiri
secara perlahan untuk menemukan RPM tertinggi. RPM normal agar mesin
menyala cukup 'langsam' yakni 700,800 atau 900 rpm tergantung standar
ketentuan mesin.
No comments:
Post a Comment