Thursday 1 November 2012

Beberapa Fitur Microsoft Windows 7 dan Windows 8

Beberapa fitur kelengkapan, kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Microsoft Windows 7 Home, Microsoft 7 Ultimate dan yang terbaru Microsoft Windows 8 akan dijelaskan secara detail.
Berikut ini adalah perbedaan nyata antara Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Ultimate :
  • Proses Backup ke Network Drive. Yups Windows 7 Ultimate dan Pro telah dilengkapi  dengan fitur ini, dimana Anda bisa melakukan proses backup di Jaringan Komputer yang Anda miliki.
  • Fitur BitLocker. Windows 7 Ultimate dan Pro juga dilengkapi dengan fitur BitLocker dimana Anda bisa melindungi file dan data penting di Laptop atau Komputer dengan cara mengenkripsinya
  • XP Mode. Fitur ini sangat berguna dan penting untuk menjalankan program-program yang hanya kompetibel atau bisa dijalankan di Windows XP. Dengan XP Mode, seolah-olah Laptop/Komputer Anda menggunakan Windows XP, sehingga program-program khusus Windows XP tersebut bisa berjalan.
  • Remote Desktop. Kalau yang ini fungsinya adalah untuk mengendalikan Windows 7 dari jarak jauh. Nah, fitur ini baru bisa berjalan dengan sempurna di Windows 7 Ultimate.
  • Berganti Bahasa dengan Mudah. Di Windows 7 Ultimate Anda bisa mengganti bahasa Windows 7 dengan mudah dan cepat.
Berbeda dengan versi sebelumnya, fitur-fitur Windows 8 siap memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur menarik yang lebih canggih. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan fitur-fitur yang akan dibawa oleh Microsoft Windows 8.
  • Seperti dikutip dari laman Daily Mail beberapa waktu lalu, Windows 8 dioptimalisasi untuk layar sentuh yang lebih unggul daripada  layar sentuh pada Windows 7 dalam hal desain dan kemudahan pengoperasiannya. Menggunakan interface bernama “Metro”, Windows 8 benar-benar optimal untuk sentuhan ala interface yang terdapat pada Windows Phone.
  • Windows 8 memiliki fitur blok atau “ubin” yang memungkinkan penggunannya memindahkan gambar misalnya dengan cara menyentuh layar. spAcer juga bisa meng-klik suatu blok/ubin tersebut untuk masuk ke dalam aplikasi. Blok/ubin itu sendiri kabarnya ter-update secara real time, sehingga memungkinkan untuk melihat apakah ada pesan atau email baru (seperti notification pada Facebook/Twitter atau aplikasi lainnya).
  • Windows 8 juga menyediakan application store sendiri yang dinamakan Windows Store. Di sini bisa mendapatkan berbagai aplikasi yang dikembangkan untuk Windows 8.
  • Windows 8 juga mendukung transaksi keuangan digital yang saat ini sedang tren di masyarakat berkat teknologi yang dinamakan Near Field Communications (NFC). Informasi mekanismenya sendiri seperti apa masih terbatas karena hingga saat ini belum dipastikan kapan Micrsoft meluncurkan secara resmi Windows 8 tersebut.
  • Boot Windows 8 juga lebih cepat karena kabarnya proses booting hanya memakan waktu 8 detik saja. Ini jelas jauh lebih singkat daripada pendahulunya.
  • Windows 8 dijanjikan akan memiliki fitur keamanan yang lebih kuat untuk menghadang serangan cyber. Microsoft sengaja meningkatkan fitur Windows Defender-nya guna meningkatkan sistem keamanan tersebut.
  • Windows 8 juga bermanfaat dalam menghemat memory PC/notebook spAcer. Sehingga akan memiliki ruang lebih banyak untuk aplikasi lainnya.
  • Windows 8 juga akan membawa Internet Explorer 10 yang membawa perubahan ketimbang versi sebelumnya. Browser bawaan Microsoft ini kabarnya sangat ramah digunakan untuk PC, notebook, maupun tablet sekalipun.
Apa saja perbedaanya Berikut delapan perbedaan Windows 8 dengan Windows 7, seperti dikutip Tech Radar, Selasa (30/10).
  • 1. Fitur Layar Sentuh Perbedaan yang paling mendasar dari Windows 8 dengan Windows 7 adalah adanya fitur layar sentuh. Sebenarnya di Windows 7 sudah ada fitur ini, hanya saja kurang maksimal. Untuk itu, Windows 8 diciptakan sebagai penyempurna layar sentuh Windows 7. Bagi yang tidak memiliki PC dengan fitur layar sentuh, Anda tak perlu khawatir. Sebab, fitur ini bisa dioperasikan pada pada PC biasa dengan bantuan trackpad dari Microsoft untuk bisa mendeteksi sentuhan dari penggunanya.
    2. Layar atau Tombol Start
    Tidak seperti Windows 7, tombol Start pada Windows 8 tersembunyi. Tombol ini berfungsi mirip dengan layar Home pada Windows Phone dan hanya muncul jika Anda mengarahkan panah mouse atau tetikus ke arah pojok kiri bawah.
    3. Fitur Multi Monitor Lebih Baik
    Beberapa dari kita ada yang menggunakan lebih dari satu monitor untuk satu PC. Namun, hal ini membutuhkan manajemen desktop yang baik. Kini Anda bisa membuka layar Start pada salah satu monitor dan layar desktop pada monitor yang lainnya. Anda bahkan juga bisa memiliki background yang berbeda antara satu monitor dengan monitor lainnya.
    4. Fitur Charms
    Windows 8 memiliki fitur Charms yang belum dipasang di Windows 7. Dengan fitur ini, Anda bisa mengakses menu Search, Share, Device, serta Settings hanya dengan mengarahkan mouse ke arah sebelah kanan layar.
    5. Search dan Social Windows 8
    Selain fitur Charms, menu Search juga bisa dilakukan di menu Start seperti pada Windows 7. Di Windows 8, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengakses jejaring sosial, karena adanya aplikasi Facebook, Twitter, dan Linkedln yang sudah otomatis terdapat di tampilan. Bahkan, Anda bisa menerima langsung notifikasi dari jejaring sosial tersebut.
    6. Windows 8 Miliki Device ARM
    Jika sebelumnya Windows hanya mendukung PC dengan prosesor AMD atau Intel yang x86-based, kini Windows 8 juga bisa digunakan pada beberapa device yang menggunakan ARM. Hal ini dilakukan untuk bisa bersaing dengan iPad dan tablet Android. Namun, hanya Windows 8 jenis RT (Run Time) saja yang memiliki device ARM ini.
    7. Windows Store
    Windows Store adalah bagian utama dari Windows 8 yang menyediakan berbagai macam aplikasi, baik yang gratis maupun yang berbayar. Anda bisa membuka menu Store ini melalui Charms seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika aplikasinya sudah mesti di-update, Anda dapat dengan mudah mengunduhnya, semudah memperbaharui aplikasi pada iOS atau Android.
    8. Fitur Cloud Windows 8
    Kini, ada fitur Cloud di Windows 8. Dengan fitur ini, Anda bisa mensinkronisasi data Anda ke aplikasi Skydrive. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan data Anda dari atau ke Skydrive.
 Perbedaan nyata antara Windows 7 Starter dan Windows Home Premium atau Windows 7 Ultimate adalah di Windows 7 Starter TIDAK ADA FITUR : Aero Effect, HomeGroup, versi 64-bit, dukungan Multiple Monitor, Media Center, Sticky Notes, Mobility Center, Snipping dan tidak bisa mengubah Wallpaper atau Theme.
Sumber : dari berbagai referensi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Welcome-Thank's to Visit