Thursday, 13 September 2012

Power Plants : Coal Mining Procces (Kalkulasi Perhitungan Batubara)

Coal Proccesing Plan

1. Tujuan proses pengolahan  
Dikaitannya dengan rencana pemasaran dan operasi penambangan  batubara, maka pengadaan proses pengolahan batubara (coal Processing  plant /CCP) bertujuan untuk mengolah batubara menjadi produk batubara ( product area ) yang sesuai dengan permintaan pasar. Dengan   mempertimbangkan beberapa hal, misalnya kualitas atau mutu cadangan batubara, metode penambangan yang terpilih, serta  kualitas permintaan pasar, maka proses pengolahan batubara, meliputi ruang lingkup proses sebagai berikut:  
a. Melakukan reduksi ukuran (size reduction) melalui penggerusan (crushing)  
b. Melakukan  pemisahan (clasification) melalui pengayakan (screening)  
c. Melakukan  pencampuran (blending) batubara  
d. Melakukan penimbunan/penumpukan batubara (stockpilling)  
e. Melakukan penanganan limbah air (water pollution treatment).   
 
2. Desain pengolahan batubara  
Dalam upaya mengolah batubara menjadi produk akhir yang diminati konsumen perlu rancangan pengolahan yang komprehensif agar pelayanannya  memuaskan. Rancang bangun unit pengolahan didasarkan  pada faktor-faktor antara lain: target atau permintaan pasar rata-rata,  kualitas batubara dari tambang (raw coal), spesifikasi produk akhir yang diminta, ketersediaan lahan untuk area pengolahan termasuk tempat penimbunan (stockpile) dan ketersediaan air  disekitar area  pengolahan. Semua f aktor tersebut diatas  akan menentukan jenis, dimensi  dan  kapasitas peralatan atau mesin pengolahan yang dibutuhkan serta  flowsheet pengolahan yang sesuai dengan memperhatikan unsur keselamatan kerja.  
 
2.1 Kapasitas produksi  
Kapasitas produksi pengolahan batubara harus mampu mencapai atau memenuhi target produksi optimum yang direncanakan misal, yaitu 2.000.000 ton per tahun dengan kapasitas stockpile sebesar 200.000 ton/2 bulan. Berdasarkan target tahunan tersebut dapat dihitung kapasitas unit pengolahan yang beroperasi 2 shift/hari (8 jam/shift), 28 hari/bulan dan efisiensi kerja 80% sebagai berikut:  
 
T = 0,80 x 16 jam/hari x 28 hari/bulan x 12 bulan/tahun = 4300 jam/tahun  

2.000.000 ton/tahun
K = -------------------- = 465 ton/jam

4300 jam/tahun

Loses factor = 8% = 0,08 x 465 = 37 ton/jam    
Kterpasang = 465 + 37 = 502 ton/jam  

Di mana  T dan  K masing-masing adalah waktu produksi  dan kapasitas produksi.  Dengan loses factor sebesar 8% akan diperoleh kapasitas terpasang sekitar 500 ton/jam.  
 
2.2 Kualitas  produksi  
Kualitas produksi hasil proses pengolahan batubara harus dapat me menuhi persyaratan yang diinginkan  pasar. Berdasarkan survey pasar dapat disimpulkan bahwa kualitas batubara yang harus dihasilkan proses pengolahan

2.3 Prosedur  pengolahan batubara 
Prosedur pengolahan  memperlihatkan tahapan proses pengolahan batubara mulai dari penimbunan raw coal di lokasi pabrik pengolahan sampai produk akhir. Gambar 1 adalah diagram alir (flowsheet) proses pengolahan yang merupakan gambaran dari prosedur pengolahan batubara. 
a. Persiapan  pengumpanan (feeding) 
Sebagai umpan (feed) awal proses pengolahan adalah batubara dari tambang atau ROM atau raw coal yang  ditumpuk di stockpile  di lokasi pengolahan. Ukuran maksimum umpan awal ini direncanakan 300 mm,  sedangkan terhadap umpan yang lebih besar d ari 300 mm  akan dilakukan pengecilan secara manual menggunakan hammer breaker. Baik umpan batubara dari tambang maupun hasil pengecilan ulang semuanya dimasukkan ke hopper menggunakan  wheel loader untuk dilanjutkan ke proses reduksi dan pengayakan sampai diperoleh produkta akhir yang siap jual. 
 
b. Pengay akan dengan Grizzly 
Grizzly berfungsi memisahkan fraksi batubara berukuran +300 mm dengan -300 mm dan posisinya terletak tepat di bawah  hopper. Lubang bukaan (opening) grizzly berukuran 300  mm x 300 mm. Undersize grizzly -300 mm diangkut belt conveyor untuk u mpan crusher primer. Sedangkan fraksi +300 mm di kembalikan ke tumpukan untuk dire duksi ulang menggunakan hammer breaker. Hasil reduksi ulang dikembalikan lagi ke  grizzly untuk pemisahan atau pengayakan ulang. Proses ini berlangsung terus menerus selama shift kerja berlangsung. 
c.  Peremukan tahap awal (primary crusher) 
Proses peremukan awal bertujuan untuk mereduksi ukuran fraksi batubara -300  mm menjadi ukuran rata-rata 150 mm. Dengan  demikian nisbah reduksi (reduction ratio) pada tahap primer ini  adalah 2. Alat yang digunakan adala h roll crusher yang berkapasitas 50 0 ton/jam. Untuk menaksir power atau energi (hp) crusher digunakan rumus Bone Crusher Work Index Equation 
d. Pengayakan (screening) tahap-1 
Proses pengayakan adalah salah satu proses  yang bertujuan untuk  mengelompokan ukuran fraksi batubara, sehingga disebut juga dengan proses  classification. Alat yang dipakai untuk pengayakan biasanya ayakan getar (vibrating screen). Pada pengolahan batubara ini proses  pengayakan tahap awal menggunakan vibrating screen-1 untuk memisahkan fraksi ukuran +150 mm dan -150 mm. Fraksi -150 mm  adalah umpan  secondary crusher, sedangkan + 150 mm diresirkulasi sebagai umpan crusher primer untuk diremuk ulang. Produkta dari proses pengayakan harus selalu dijaga konsistensi laju kapasitasnya sebanyak 500 ton/jam. Untuk itu perlu dilakukan penaksiran dimensi (panjang dan lebar) dari ayakan (screen) yang harus dipasang. 
 
Terdapat beberapa metoda untuk menentukan dimensi screen dan  cara yang dipakai dalam rancangan unit screen  dalam studi ini adalah cara grafis dengan beberapa rangkuman konstanta (faktor) yang diperlukan  seperti terlihat pada Tabel 2. Konstanta tersebut merupakan faktor yang  
telah disesuaikan dengan kondisi di lapangan yang umumnya digunakan untuk pengayakan batubara. Gambar 2.a adalah kurva untuk menghitung produkta hasil pengayakan (ton/jam/ft²) dan Gambar 2.b  hubungan  antara lebar  ayakan dengan laju  produkta per  inci bed  depth (ketebalan lapisan aggregate batubara di atas ayakan)  dengan kecepatan 1 ft/sec. Kapasitas screen dirumuskan sebagai berikut: 
 
K = P x E x D x F x W x T x B     (3) 
di mana: 
K  =  kapasitas, ton/jam/sqft 
P  =  produksi, ton/jam/sqft 
E, D, F, W, T dan B adalah faktor konstanta
    
Berikut adalah tahapan perhitungan dimensi vibrating screen-1 untuk mengayak batubara 150 mm. 
(1)  Asumsi kondisi proses (sesuai konstanta atau scoring pada Tabel 2)
Posisi deck paling atas dengan opening 150 mm   6 inci; D = 1,00 
Diasumsikan umpan bermuatan 60% berukuran -3 inci; F = 1,40
Spesifikasi  oversize hasil pengayakan masih mengandung 10% berukuran -6 inci; E = 1,25 
Bentuk lubang bukaan bujursangkar (square) berukuran 6¼” x 6¼”; T =1,00 
Densitas aggregate batubara 60 lbs/cuft (dibandingkan dengan densitas batubara berbasis 60 lbs/cuft, sesuai kurva pada Gambar 2.a); B = 60
60 = 1,00 
Tidak dilakukan penyemprotan di atas screen; W = tidak ada skor 
Laju pengumpanan 625 ton/jam  dengan kandungan -6 ” = 80%,  jadi kemungkinan produkta lolos = 0,8 x 625 = 500 ton/jam. 
 
(2)  Luas screen yang diperlukan 
Dari kurva pada Gambar 2.a diperoleh 4 ton/jam per sqft 
Kapasitas (pers. 3) = 4 x 1,25 x 1 x 1,4 x 1x 1 = 7 ton/jam per sqft 
Laju produksi = 0,8 x 625 = 500 ton/jam 
Luas screen yang diperlukan = 
500 / 7 = 71,43 sqft 

(3) Perhitungan  bed depth 
Digunakan kurva pada Gambar 2.b dengan kemiringan screen 18º 
Dipertimbangkan pengurangan lebar screen total akibat diameter kawat ayakan sekitar  6”. Kemudian dicoba lebar screen 5 ft (lebar bersih 4 ft-6”) 
Dari Gambar 2.b diestimasi laju produksi terbaca 40 ton/jam per inci ketebalan aggregate batubara pada kecepatan 1 ft/sec = 60 ft/men (densitas aa ggregat 60 lbs/cuft dan  lebar efektif screen 4 ft-6”) 
Bila kecepatan aliran batubara pada kemiringan 18º = 55 ft/men, maka laju aggregate per inci bed depth =
40 x 55 / 60 = 37 ton/jam per inci bed depth 
Oversize = (0,20 x 625) + (0,10 x 500) = 175 ton/jam 
Jadi bed depth = 
175 / 37 = 5”
Bila dibandingkan bed depth (5”) dengan ukuran fraksi batubara yang diayak rata-rata 6”, maka akan terbentuk hanya satu layer di atas permukaan screen. Untuk memperoleh efisiensi pengayakan yang tinggi perlu dilaku kan simulasi dengan mengubah sudut screen. 
Dari perhitungan luas screen diatas, yaitu 71,43 sqft, kemudian disesuaikan dengan spesifikasi unit screen  dari pabrik  pembuatnya. Sebagai contoh screen buatan NORDBERG seri RS yang berukuran 5 x 16 ft, yaitu TY516RS dapat digunakan. Luas screen TY516RS adalah 80 sqft berarti lebih besar dari perhitungan dan power yang  diperlukan antara 15–20 HP  (11–15 kW). Pemilihan screen tersebut didasari oleh tidak adanya di mensi screen yang sesuai persis dengan hitungan dan screen dengan seri tersebut  yang paling mendekati. Disamping itu screen jenis  ini dimanfaatkan untuk pemisahan partikel kasar maupun halus serta material yang bersifat lembab dan lengket, jadi cocok untuk pengayakan  batubara. Keuntungan lainnya adalah kapasitas pengayakan dapat ditambah. 
 
e.  Peremukan sekunder (secondary crushing) 
Proses peremukan sekunder bertujuan untuk mereduksi ukuran fraksi batubara -150 mm  menjadi ukuran rata-rata 50 mm,  dengan demikian nisbah reduksi pada tahap sekunder ini adalah 3. Alat yang digunakan sama seperti peremuk primer, yaitu  roll crusher berkapasitas 500  ton/jam. Dilihat dari besarnya nisbah reduksi, yang lebih besar dibanding peremuk primer, maka dapat diperkirakan bahwa energi yang  diperlukan akan lebih besar pula. Taksiran energi tersebut dihitung sebagai berikut: 
F = dijamin konsisten berukuran -150 mm (150.000  ) sebanyak 80% 
P = dijamin konsisten berukuran -50 mm (50.000  ) sebanyak 80% 
faktor = 1,00 (crusher sekunder)
e. Pengayakan tahap-2 
Jenis alat  yang dipakai adalah  vibrating screen  yang  digunakan  untuk memisahkan fraksi berukuran -50 mm. Umpan yang masuk adalah hasil peremukan dari crusher sekunder berukuran -150 mm. Agar memperoleh kapasitas sesuai dengan target, maka perhitungan dimensi ayakan pada tahap-2 ini sama seperti yang telah diuraikan pada perhitungan dimensi ayakan tahap-1
read more

Kumpulan Pesawat Tanpa Awak Tercanggih Di Dunia

Berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan dan jatuhnya korban jiwa. Teknologi pesawat tanpa awak adalah salah satu terobosan baru untuk mengurangi jatuhnya korban nyawa manusia dalam tugas-tugas di udara. Teknologi pesawat tanpa awak seperti apa ya yang kini telah berkembang? Berikut ini ada beberapa jenis pesawat tanpa awak yang pada umumnya di pakai , yuk kita simak bersama-sama!!!

1. RQ-8A Fire Scout
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

RQ-8A Fire Scout: Helikopter tanpa awak ini diadopsi dari jenis helikopter ringan Schweizer Model 330SP. RQ-8A Fire Scout digunakan oleh U.S. Navy dalam misi pengintaian. Helikopter ini dapat beroperasi selama empat jam lebih dengan jarak 120 mil dari pusat kendali. Fire Scout dilengkapi dengan sistem navigasi berbasis GPS dan mampu beroperasi secara otonom. Karena mampu beroperasi secara otonom, pusat kendali dapat mengendalikan tiga helikopter tak berawak ini secara simultan. Sea Scout, kembangan dari helikopter tak berawak ini, bahkan mampu mengangkut rudal udara-darat (air-to-surface missiles) untuk misi pengeboman.


2. RQ-2B Pioneer


Pesawat tanpa awak ini adalah hasil kolaborasi antara AAI Amerika dan Israel Aircraft Industries. Pesawat ini telah dipergunakan oleh U.S. Marine Corps, U.S. Navy dan U.S. Army sejak 1986. Pioneer bertugas melakukan pengintaian, pengawasan, pencarian target, dan mendukung penembakan angkatan laut baik pada siang hari maupun malam hari. Pesawat ini dapat diluncurkan dari kapal dengan bantuan dorongan roket atau diluncurkan dari darat dengan bantuan ketapel. Dengan panjang badan 14 kaki dan rentang sayap 17 kaki, Pioneer dapat terbang hingga ketinggian 15,000 kaki selama lima jam. Pioneer dapat mengangkut beban hingga 37 Kg dan dapat dilengkapi dengan sensor optic atau infrared dan alat pendeteksi ranjau.


3. Boeing Scan Eagle


Pesawat berbobot 20 Kg ini dapat terbang selama 15 jam dengan ketinggian lebih dari 16,000 kaki dan kecepatan 60 mil per jam. Pesawat ini dapat diluncurkan baik dari darat maupun dari kapal laut. Scan Eagle adalah pesawat tanpa awak yang tidak dapat dideteksi oleh radar, selin itu suaranya pun hampir tidak terdengar. Scan Eagle terbang dengan dipandu sistem GPS dan dilengkapi dengan kamera dan sensor infra-red.


4. Northrop Grumman Global Hawk
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

Northrop Grumman Global Hawk: Global Hawk adalah pesawat tanpa awak yang terbesar dan tercanggih di dunia saat ini. RQ-4 Global Hawk adalah pesawat tanpa awak pertama yang mem[eroleh sertifikasi dari FAA (badan penerbangan Amerika) untuk terbang dan mendarat di bandara sipil secara otomatis. Karena keunggulannya ini, Global Hawak diharapkan dapat menjadi perintis pesawat penumpang dengan pilot otomatis dimasa mendatang. Pada saat pengujian, Global Hawk mampu terbang dari Amerika Serikat menuju Australia pulang pergi dengan membawa sejulah alat pengintai. Untuk keperluan militer, pesawat ini dapat dipergunakan untuk melakukan pengintaian, pengawasan dan survey intelejen pada daerah yang luas dan dalam jangka waktu yang lama.


5. General Atomics MQ-9 Reaper
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

General Atomics MQ-9 Reaper: Reaper adalah pesawat multi fungsi tanpa awak yang dikembangkan untuk menjadi mesin penghancur. Dalam operasi militer Amerika di Afghanistan dan Irak, MQ-9 dilengkapi dengan rudal AGM-114 Hellfire dan dipergunakan untuk memburu dan menghancurkan target. Pesawat ini dapat mengangkut beban hingga lima ton, berkecapatan 230 mil per jam pada ketinggian 50,000 kaki dan dapat terbang sejauh 3,682 mil. Pesawat ini dilengkapi dengan IR targeting sensor, laser rangefinder dan synthetic aperture radar. MQ-9 dapat dibongkar pasang dan diangkut ke berbagai lokasi dengan mudah.


6. AeroVironment Raven dan Raven B
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

AeroVironment Raven dan Raven B: RQ-11A Raven, yang dibuat pada tahun 2002-2003, adalah versi kecil dari 1999-vintage AeroVironment Pointer, yang dilengkapi dengan GPS navigation system, dan peralatan control. Badan pesawat ini terbuat dari Kevlar dan berbobot, dua Kilogram. Pesawat tanpa awak ini memiliki radius operasi lebih dari 6 mil dan dapat terbang selama 80 menit pada kecepatan 60 mil per jam. Raven B dilengkapi dengan berbagai jenis sensor dan laser target designator.


7. Bombardier CL-327
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

Bombardier CL-327: Karena bentuknya yang unik, pesawat tanpa awak ini sering disebut sebagai kacang terbang. Bombardier CL-327 VTOL adalah pesawat pengawas tanpa awak yang dimotori mesin Williams International WTS-125 turboshaft engine berdaya 100 tenaga kuda. Dengan bobot maksimum 300 Kg saat takeoff, CL-327 dapat difungsikan sebagai alat relay komunikasi, menginspeksi keadaan lingkungan dan melakukan patroli di daerah perbatasan. Pesawat ini telah banyak membantu aparat dalam upaya pemberantasan narkotika dan dalam operasi-operasi pengintaian militer. Pesawat ini dapat mengudara selama lime jam dan dilengkapi dengan berbagai sensor, datalink systems dan sistem navigasi baik berupa GPS maupun inertial navigation systems.


8. Yamaha RMAX
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

Yamaha RMAX: Pesawat ini adalah pesawat terbang tanpa awak yang paling banyak dipergunakan di dunia untuk keperluan non militer. Helikopter mini Yamaha RMAX, dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk menyemprotkan pestisida dan pupuk, dan melakukan survey untuk keperluan penelitian. Helikopter ini mempergunakan mesin YAMAHA dua langkah dan dapat terbang hingga ketinggian 500 kaki.


9. Lockheed Martin Desert Hawk
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

Lockheed Martin Desert Hawk: Desert Hawk mulai diproduksi pada tahun 2002, untuk memenuhi kebutuhan militer Amerika dalam misi-misi pengawasan di Irak. Desert Hawk digerakkan dengan mesin listrik dan dilengkapi dengan GPS. Pesawat ini dapat terbang hingga ketinggian 1000 kaki dan beroperasi secara otonom dengan panduan GPS. Pesawat tanpa awak ini dapat terbang dengan kecepatan 57 mil per jam dalam radius tujuh mil.


10. General Atomics MQ-1 Predator
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

General Atomics MQ-1 Predator: Predator yang mampu terbang dengan kecepatan 135 mil per jam ini adalah pesawat pengintai tanpa awak yang dilengkapi dengan persenjataan tempur. Predator mampu terbang hingga ketinggian 25,000 kaki & menempuh jarak 450 mil. Predator dilengkapi dengan dua rudal AGM-114 Hellfire berpemandu laser. Pesawat ini merupakan pesawat terbang tanpa awak pertama yang dapat menghancurkan terget-terget di darat. Predator pertama kali dipergunakan dalam operasi militer Amerika di Afghanistan.
read more

Friday, 7 September 2012

Kulkas Mini Dengan Colokan Power USB

Apa jadinya bila ketika kita sibuk kerja yang berkutat dengan komputer, namun tak tersedia minuman dingin yang menyegarkan. Ketika itu terjadi, tentunya kita akan beranjak ke toko terdekat untuk membeli softdrink, baik kaleng maupun botol. Namun berapa lama biasanya agar minuman itu tetap dingin? Paling lama 30 menit minuman kemasan tersebut sudah hilang kesegarannya.
Dengan diciptakannya perangkat digital yang cukup membantu kebutuhan manusia, nampaknya kita tak perlu risau akan hal itu. Pernahkah anda tahu kalau ada sebuah kulkas portable yang diciptakan bagi penggemar softdrink. Jawabnya adalah USB Led Beverage Cooler, yakni perangkat pendingin dengan mengandalkan tenaga listrik dari port USB buatan Newo Coproration USA.
 
Dimensinya kotak persegi panjang 9.2 x 5.9 x 4.2 inci, dengan berat 1.5 pounds, laiknya kulkas, namun hanya bisa diisi oleh satu buah softdrink kaleng ukuran standar. Sebagai pendingin nampaknya alat ini tak memerlukan Freon, namun lampu biru yang berpendar di bagian dalam atas adalah sumbernya.
Pada bagian bawah terletak filter yang mengatur retasan air dari kaleng yang mengembun. Cukup aman untuk ukuran alat digital yang bersentuhan dengan zat cair. Tentunya kesemuanya itu harus operasikan hati-hati  sesuai fungsinya.
Dengan bermodalkan alat ini, nampaknya kita yang tengah berkutat didepan komputer, tak perlu mondar mandir ke dapur  atau kulkas hanya untuk sekedar menikmati kesegaran softdrink. Solusi yang cukup dapat dijadikan pertimbangan. Hanya dengan 200-250 ribu rupiah alat ini sudah dapat diperoleh di toko-toko gadget dan toko komputer
read more

Tuesday, 21 August 2012

Permasalahan Apabila Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

kabar-aneh.blogspot.com - Dampak Buruk Penggunaan Laptop Tanpa Baterai 
Di jaman modern ini, laptop sudah merupakah perangkat penting untuk mendukung aktivitas kita. Di saat kita sedang beraktivitas dengan laptop dan kemudian baterai habis, tentu akan repot jika kita harus menghentikan aktivitas kita di laptop untuk mencharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptopnya sambil mengoperasikan laptop. Tetapi di samping itu, banyak sekali timbul opini dari orang-orang bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat yang mengatakan justru kalau bermain laptop lansung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru merusakkan perangkat-perangkat laptop.
kabar-aneh.blogspot.com - Dampak Buruk Penggunaan Laptop Tanpa Baterai
kabar-aneh.blogspot.com - Dampak Buruk Penggunaan Laptop Tanpa Baterai
Sebenarnya keduanya tidak salah, tetapi perlu di ketahui kalau bermain laptop tanpa menggunakan baterai dan lansung dari listrik justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop lansung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan lansung menuju ke hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yg berlebihan dan mempercepat kerusakan. Selain menyimpan daya, baterai juga menyesuaikan arus yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.
Selain itu, jika terjadi mati lampu dan listrik PLN yang tidak stabil, tentu sangat membahayakan motherboard dan hardisk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan dari pada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal di bandingkan baterai. Lagi pula kinerja baterai latop biasanya akan menurun di usia 2-3 tahun.
read more

Friday, 27 July 2012

Inilah Rincian Biaya Apabila Menjadi Superhero Batman

Inilah biaya yang harus dikeluarkan jika seandainya kamu menjadi batman. Menjadi tokoh superhero memang mahal apalagi setenar tokoh batman yang saat ini ramai perbincangkan. Mungkin karena properti dan perlengkapan batman lebih banyak dibandingkan tokoh superhero lain semisal superman, spiderman, atau captain america bahkan mungkin lebih dari mahal dari Hulk karena setelah menjadi malah merobek bajunya. Adakah superhero lain yang lebih mahal dari Batman??
(Moneysupermarket.com/Warner Bros)
read more

Wednesday, 18 July 2012

Indahnya Wisata Alam Pantai Teluk Kiluan (Dolphin Kiluan Bay) Lampung




Hari kamis malam,tepatnya 7 juni 2012 pada jam 23.00 WIB kami bertujuh berangkat dari depok (kampus UI) menuju ke lampung tepatnya menuju kepantai teluk kiluan di pulau kiluan, kami berangkat pada malam hari karena untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang juga akan menyebrang ke propinsi lampung lewat pelabuhan Merak – Bakauheni dan ternyata malam itu memang benar prediksi kami karena memang sepi. Pada saat berada di kapal ferry diharap kewaspadaan dan hati – hati karena ada segelintir orang yang tidak dikenal berusaha sengaja berbuat jahat kepada kita, terbukti temen gue hampir sempat dihipnotis cuma berhasil digagalkan karena kita bertiga sudah waspada.

Selama perjalanan dari kampus UI depok menuju ke pelabuhan merak diiringi obrolan dan canda tawa dalam mobil untuk menghilangkan kepenatan setelah menyelesaikan Ujian Akhir Semester atau UAS istilahnya refreshing dan santai sejenak. Tepat jam 11 malam kami berangkat dari kampus UI menggunakan mobil kijang krista, sebenarnya mobil cukup untuk 8 orang namun yang ikut cuma bertujuh dan seandainya yang ikut ada 10 orang maka kita terpaksa memakai 2 mobil, namun gue saranin kalo ke kiluan sebaiknya dengan rombongan banyak orang karena jatuh harga lebih murah. Rute menuju pelabuhan merak melewati tol dari Jakarta kearah Banten total bayar tariff tol Rp.32.500 (perjalanan ditempuh 2-3 jam) dan karcis masuk kapal feri di pelabuhan merak Rp.230 ribuan (untuk tujuh orang + mobil) antri di merak 1 jam-an dan perjalanan Merak-Bakauheni ditempuh 2 jam-an, selama di kapal feri ada ruang vip/ekonomi (VIP = 10 ribu/ekonomi = gratis cuma bayar bantal doang 5ribuan).

Sampai di bakauheni jam 5an pagi menuju melewati arah ke Bandar lampung terus menuju kepantai klara-klaura, melewati pos 1 markas marinir (rute :Lampung-Kalianda-Lampung Selatan-Bandar lampung-tenggamus-Kiluan).

Nah setelah dari sini jalanan mulai rusakdan belum ada perbaikan (analisa gue mungkin karena belum ada pengelolaan dan pantai ini belum begitu dikenal makanya hanya orang-orang tertentu saja yang tau, itupun kebanyakan pas gue tanya ke penduduk sekitar turis tau informasinya dari internet), jadi sepanjang jalan 35an km naik turun gunung kanan kiri tebing, melewati hutan 3-4 jam perjalanan ( disarankan pada saat kesana jangan malam hari dan kondisi hujan karena licin dan tidak ada penerangan jalan, waktu yang pas siang hari panas) seperti arena offroad makanya kendaraan mobil harus benar-benar mumpuni, gue gak ngebayangin seumpama naik bus, soalnya jalan setapak hanya muat 2 mobil!

Sesampai di daerah kiluan listrik PLN belum ada dan itupun baru terpasang cuma di area perbatasan desa, sinyal hp pun tidak ada, uniknya rumah-rumah penduduk disini memakai listrik dengan solar cell tenaga surya yang dipasang di atap rumah. 

Di pantai kiluan disewakan villa/ponndokan (Rp.450.000/hari) harga rata2 vila segini mungkin udah kesepakatan penduduk sekitar dan ini susah, tidak bisa ditawar/nego lagi, sedangkan kalo bagi backpacker/yang mau hemat saran gue mending nginep aja dirumah-rumah penduduk sekitar karena untuk yang ini harga bisa dinego (Rp.150-200 ribu/hari).

Makan pagi/siang/malam dengan menu ikan laut,sambal,sayur dengan minuman air putih/teh atau kalau mau dibuatin kopi lampung yang terkenal karena kelezatan kopinya (Rp.47.000/7orang/7porsi), untuk indomi+nasi Rp.5000/porsi, hmm,,,murahkann :)


Di pantai kiluan bay kami sore harinya langsung snorkel, bagi yang belum mahir berenang sebaiknya snorkel di dekat bibir pantai saja karena khawatirnya terseret ombak ketengah laut meski arusnya kecil sih,,yah buat jaga-jaga saja.


Sebenarnya kiluan bay bagusnya buat diving/menyelam karena mungkin terumbu karang yang banyak berada di tengah teluknya.

Kiluan Bay yang terkenal adalah lumba-lumba/dolphin nya (kabarnya ribuan habitat lumba-lumba disini terbesar se-asia lho) dan kalau anda beruntung bisa ketemu penyu/kura, ikan pesut yang berloncatan, bahkan bisa ketemu ikan paus yang lebar mulutnya segede pintu rumah (kata penduduksekitarsih: ), dan hiu yang oleh penduduk bisa dijual siripnya 2,5 juta.

Waktu untuk melihat lumba-lumba sebaiknya pagi/sore hari disaat air laut hangat, cuaca terang dan sedikit ombak, sedangkan kalo berharap ketemu ikan paus yang segede rumah sebaiknya melaut malam hari ikut dengan nelayan pas mencari ikan karena katanya ikan paus disana sukanya air dingin dan saat ombak tenang juga kabarnya ikan paus menyukai cahaya lampu/petromak yang dibawa oleh nelayan, makanya nelayan penduduk pernah bilang kalo pernah ada ikan paus bersender pada perahunya, (wow mungkin udah jinak kali ya kok ampe enggak ditabrak mirip seperti di film2,hehe). Analisa gue berpikir kalo disitu ada dolphin pasti ada hiu karena makanan favorit hiu adalah anjing laut dan lumba-lumba, uniknya lumba-lumba disini tidak merasa takut kepada kita saat kami dekati malah seolah-olah menuntun kita di depan dan berlompatan.

Ketika kami menemukan spot sekumpulan lumba-lumba saat sudah di tengah lautan lepas karena sangat disayangkan air lautnya udah banyak tercemar minyak karena tumpahan kapal tanker saat mengganti oli, harusnya ini bisa dilaporkan ke pihak yang berwenang karena bisa merusak habitat lumba-lumba dan komunitas hayati laut.

Sebelum menuju ke tengah laut untuk melihat lumba-lumba sepanjang perjalanan di sebelah kanan perahu motor penduduk menyebutnya batu candi yang mirip dengan bangunan candi karena proses alamiah benturan karang dengan ombak bukan karena buatan manusia.

Selama perjalanan juga guide nelayan yang mengantarkan kami memancing dan mendapat ikan tengiri yang kalo dijual dipasaran laku sekitar 350 ribuan bahkan katanya sering dapat ikan tuna. Saat di pantai teluk kiluan kita tidak bisa menikmati sunrise (matahari terbit) karena tertutup oleh bukit tetapi kita dapat melihat sunset (matahari tenggelam) disore hari dengan jelas dan indah.

Jangan membayangkan di Kiluan Bay terdapat villa dan resort mewah, naik jetski dan banana boat karena lokasi tempat ini masih sangat baru dan alami dan gue yakin 8-10 tahun lagi pasti menjadi tempat tujuan wisata favorit buktinya aja di sekitar area masuk ke kiluan sepanjang jalan udah mulai dibangun resort milik pengusaha ternama Indonesia. Kami beruntung termasuk menjadi yang pertama karena semuanya masih serba alami belum banyak dilakukan perubahan dan kemajuan di pantai Kiluan. Disana juga ada beberapa penangkaran untuk pembibitan ikan laut namun hanya sedikit nelayan yang mengelolanya.

Berikut ini ada sedikit gambaran tentang daftar harga jika berwisata ke Teluk Kiluan (Dolphin Kiluan Bay) ala backpacker murah dengan harga yang miring.
Daftar Harga Rekreasi Teluk Kiluan (Kiluan Bay) Lampung:
1.Villa/Resort = 450.000/hari
2.Penginapan Rumah Penduduk = 150.000 – 200.000/malam (tergantung nego dengan pemilik rumah)
3.Penyebrangan perahu ke pulau = 25 .000,-
4.Sewa Pelampung, Snorkel = 15.000,-
5.Makan+Minum = 7000/Porsi (indomie/lauk ikan/sayur .dsb)
6.Antar kelaut lihat lumba-lumba = 250.000 (2 perahu/pompong) per 1 perahu/pompong untuk 3 orang
7.Bensin untuk jarak Jakarta – TKP (Teluk Kiluan Bay) = 300.000 PP
8.Tiket masuk pelabuhan kapal Merak/Bakauheni = 232.000/7 orang + mobil x 2 (Merak & Bakauheni)
9.Tarif Tol Jakarta – Banten = 32 x 2 = 64.000

Mungkin segitu aja info dan tips untuk bepergian rekreasi ke Teluk Kiluan dari gue, mungkin kalo ada yang kurang benar/sreg gue mohon maaf jika berkenan karena ini pengalaman pribadi gue dengan teman – teman tanpa mengurangi/menambah perihal apapun, atas perhatiannya gue ucapin terima kasih karena udah sempat membaca dan berkunjung ke website ini :) see yaaa.
Jangan lupa lihat berita dan info – info menarik lainnya di website ini
Terima Kasih
read more
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Welcome-Thank's to Visit