Sunday 27 January 2013

Pengeboran Minyak dan Gas untuk Teknologi Laut Dalam

Kegiatan pertambangan migas tidak hanya di darat atau onshore tetapi juga dilakukan di lepas pantai atau offshore. Dewasa ini kegiatan pertambangan migas di onshore khususnya di Indonesia sudah mulai menurun intensitasnya dan mulai mengarah kepada pencarian sumber-sumber migas baru di daerah lepas pantai atau Offshore bahkan sampai pada laut dalam (Deepwater).
Berdasarkan data yang ada per Desember 2010 untuk jumlah wilayah kerja (WK) produksi onshore adalah sebanyak 47 WK dan offshore 29 WK, wilayah kerja pengembangan onshore sebanyak 12 WK, dan offshore 12 WK, wilayah kerja eksplorasi onshore 84 WK dan offshore 92 WK sedangkan penawaran wilayah kerja onshore 6 WK, dan offshore 16 WK (Sumber Ditjen Migas – Gambar 1). Dari data tersebut terlihat bahwa kegiatan minyak dan gas di daerah offshore ± 48 %.

Gambar 1. Peta Wilayah Kerja Migas di Indonesia
Dalam makalah ini, penulis akan mencoba mengulas bentuk kegiatan pertambangan migas di daerah lepas pantai, teknologi yang digunakan, dan peralatan pendukung yang diperlukan sehingga pengambilan minyak dan gas dapat dilakukan dengan efektif dan ekonomis.
Pelaksanaan kegiatan pertambangan migas di lepas pantai atau Offshore pada umumnya dibagi menjadi 2(dua) tahap operasi utama yaitu tahap eksplorasi, eksploitasi (produksi).
  • Eksplorasi merupakan tahap pencarian sumber-sumber migas di perut bumi. Berkembangnya teknologi satelit, seismik, microprocessor, dan bahan peledak memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap peran para geologist dan kemudian geophysist dalam memprediksi sumber-sumber migas. Dalam operasi ekplorasi di offshore diperlukan berbagai jenis kapal seperti kapal survei seismik, drilling ship, drilling rigs, kapal suplai dan kapal Penunjang lainnya (crew boat).
  • Pada saat tanda-tanda keberadaan sumber migas dapat dibuktikan secara meyakinkan, dan dievaluasi memiliki nilai ekonomis yang cukup untuk dimanfaatkan, maka selanjutnya operasi migas akan memasuki tahap ekploitasi. Pada tahap Eksploitasi offshore, baik pemerintah sebagai pihak regulator/ pemegang kuasa pertambangan dan pihak investor akan dihadapkan pada suatu pilihan tentang metode dan fasilitas apa yang akan digunakan dalam proses pengangkatan migas ke permukaan bumi dan pengolahannya sebelum dipasarkan. Pada kondisi laut dalam, biasanya pilihan akan ditujukan pada berbagai jenis fasilitas terapung (Floaters). Di dalam proses tersebut, pemilihan fasilitas akan bergantung pada kedalaman laut, kondisi operasi, ukuran dan umur reservoir sumber migas, jarak dari pembeli migas, ukuran kapal tanker penerima, faktor safety, dan keekonomian. Berikut adalah beberapa jenis floater dengan berbagai keunggulan dan kekurangannya.

    Gambar 2. Beberapa Jenis Fasilitas Migas Terapung
No Fasilitas Floaters Fungsi
1. Drilling Barges Digunakan untuk pemboran di laut dangkal atau sungai. Tidak mempunyai penggerak sendiri, sehingga bergerak dengan dukungan Tugboat. Drilling Barges biasanya dilengkapi dengan akomodasi dan flat top hulls untuk penyimpanan peralatan.
2. Submersible Rigs Digunakan untuk pemboran di laut dangkal, merupakan suatu flat platform yang ditopang oleh dua lambung untuk memberikan buoyancy (gaya angkat). Keuntungannya pada posisi terbenam memberikan kondisi yang stabil pada saat pemboran.
3. Semi submersible Rigs Sangat umum digunakan pada operasi pemboran di laut dangkal, disangga oleh rantai jangkar, dan dapat dengan mudah dipindahkan ke lokasi lain.
4. Drilling Ships Digunakan untuk pemboran di laut dalam, pada saat beroperasi, posisi dipertahankan dengan teknologi dynamic positioning menggunakan satelit.
5. Tension Leg Platforms (TLP) TLP biasanya digunakan pada pemboran di laut dalam, merupakan platform terapung yang disangga oleh baja hollow dan terpancang di dasar laut sebagai tendon. Hal ini dapat menjaga stabilitas kapal konstan dari gaya pasang surut dan gelombang air laut.
Tabel 1. Fasilitas Migas Terapung dan penggunaanya.
Disamping berbagai fasilitas terapung diatas, kegiatan eksploitasi migas juga memerlukan keberadaan kapal-kapal pendukung untuk menjamin kelancaran dan keamanan operasi di lapangan, termasuk dukungan peralatan logistik. Sistem pendukung dan perbekalan ini akan diperlukan sejak awal pada saat penempatan pertama dari platform rig pemboran, hingga pada akhir waktu pembongkaran dan pada pemasangan dan pemeliharaan sistem produksi yang diperlukan. Sistem pedukung merupakan suatu armada kapal-kapal khusus, yang terdiri dari kapal suplai (Supply Vessel), kapal Anchor Handling, Tug, and Supply (AHTS), kapal Crew Boat, kapal konstruksi (Crane Barge), Pipe Laying Barge, Cable Laying Barge, kapal pemadam kebakaran (Fire Fighting Vessel), Kapal Pandu, dsb.

Gambar 3. Fasilitas Penunjang Operasi di Laut
Teknologi lepas pantai khususnya laut dalam (Deepwater) telah berkembang dengan pesat, peralatan yang digunakan saat ini adalah peralatan dengan teknologi yang mutakhir. Walaupun secara konseptual peralatan dan dan metode yang dipergunakan di operasi pemboran lepas pantai sama dengan yang dipakai di darat, namun secara actual dapat ditemukan banyak perbedaan-perbedaannya. Perbedaan ini datang dari kondisi khas lingkungan laut dan faktor-faktor tidak tetap lainnya, dan setiap aspek menjadi semakin berarti karena proses yang diperlukan sejak penemuan pertama sumber migas sampai dimulainya tahap produksi memerlukan waktu sekitar 5-10 tahun. Disamping itu setiap aspek mempengaruhi besaran biaya keseluruhan proses, sehingga semakin dalam lautnya, semakin canggih teknologi yang digunakan, maka biaya operasional yang diperlukan juga akan semakin besar.

Gambar 4. Skema Operasi Migas Laut Dalam
Gambar diatas menunjukkan suatu skema sederhana operasi produksi migas offshore dimana aliran fluida migas dari kepala sumur (wellheads) dialirkan keatas permukaan laut melalui jaringan pipa bawah laut (flexible flowlines), dan jaringan pipa riser (flexible risers). Fasilitas penerima di atas permukaan laut dapat berupa fasilitas proses maupun penampung yang dapat terdiri dari berbagai jenis kapal Floating Production Storage and Offloading (FPSO), Floating Storage Offloading (FSO), Mobile Production Unit (MoPU), Floating Production Unit (FPU), dan khusus untuk laut dalam/ Deepwater diperlukan beberapa jenis peralatan khusus/ Platform khusus seperti Fixed Platform, Compliant Tower, Tension Leg Platform (TLP), SPAR, FPSO, atau Semi-Submersible (Gambar 2)
Hampir semua peralatan yang digunakan diatas masih didatangkan dari luar negeri. Dimasa mendatang dengan meningkatnya kebutuhan akan produksi migas nasional sebagai salah satu penyumbang terbesar devisa negara dan mengingat besarnya resiko dan investasi yang diperlukan, maka Indonesia dalam mengelola kegiatan lepas pantai khususnya laut dalam (deepwater) memerlukan suatu perencanaan jangka panjang dalam mempersiapkan ketersediaan sumber daya manusia yang handal (SDM), kesiapan teknologi, peralatan dan industri pendukung yang memadai.
Pengembangan sumber daya manusia untuk teknologi laut dalam (deepwater) mencakup beberapa bidang yang cukup luas dan multi disiplin, seperti penguasaan terhadap teknologi desain, rekayasa (engineering), pengadaan (procurement), konstruksi, instalasi, maupun services. Beberapa Perguruan Tinggi seperti ITS, ITB, Universitas Indonesia (UI), Universitas Hasanuddin (UNHAS), dan Universitas Pattimura (UPATTI) telah memiliki program studi di bidang Perkapalan dan Kelautan, namun masih memerlukan pengembangan kurikulum terhadap aplikasi teknologi laut dalam karena para ahli bidang tersebut masih banyak dikuasai oleh tenaga kerja asing sedangkan untuk peralatan dan fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas di Indonesia.
Disamping kekurangan akan tenaga kerja ahli di bidang laut dalam, secara nasional industri pendukung di sektor kelautan kita juga masih memiliki banyak kekurangan, terutama berkaitan dengan penguasaan teknologi, ketersediaan material produksi nasional, maupun jumlah galangan nasional yang mampu bersaing dalam hal Quality, Cost, Delivery, dan Safety (QCDS). Sebagai contoh, pada saat ini jumlah galangan kapal yang ada di Indonesia sebanyak ±155 unit, dimana 37 diantaranya adalah milik pemerintah (BUMN) dengan total kapasitas ± 226.415 DWT. Dari jumlah tersebut hanya 10% yang mampu membangun dan mereparasi kapal berukuran sedang hingga besar, selebihnya hanya ditujukan untuk ukuran kapal kecil ( 100 s/d 200 DWT). Jika di Indonesia saat ini dioperasikan ± 20 unit FSO / FPSO dengan kapasitas (100.000 s/d 150.000) DWT, maka dapat dipastikan perbaikan/ dry docking untuk kapal-kapal jenis tersebut sebagian besar harus dilakukan di luar negeri seperti Singapura atau China, karena keterbatasan galangan kapal nasional yang ada.

Dari uraian di atas dapat kita ambil beberapa kesimpulan bahwa saat ini kegiatan pertambangan migas cenderung mengarah pada daerah lepas pantai khususnya laut dalam (Deepwater) dan untuk dapat meningkatkan peran serta pendapatan nasional maka diperlukan pengembangan sumber daya manusia secara berkesinambungan, dan pengembangan industri pendukung berbasis kelautan, sehingga dengan ditunjang kondisi perekonomian dan hukum yang kondusif, serta dan kebijakan pemerintah yang menunjang hal tersebut, maka kita akan dapat dengan optimal memanfaatkan sumber daya migas khususnya dari laut untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia. 

sumber
read more

Kuratas (KR01), Robot Mech Seberat 4.5 Ton yang Bisa Dikendarai Langsung, Harga 12 Milyar Rupiah

Mengendarai sebuah robot seperti yang ada dalam film-film fiksi nampaknya sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Pasalnya, Sudobashi Heavy Industry, yang merupakan perusahaan elektronik asal Jepang, Baru-baru ini memperkenalkan Kuratas (KR01) yang merupakan sebuah robot yang bisa dikendalikan sekaligus dinaiki oleh manusia. Bagi yang suka main game MechWarrior pasti pengen punya robot ini deh.

 

Sudobashi Heavy Industri mengklaim bahwa robot Kuratas mampu berjalan sejauh 10KM/Jam dengan empat buah roda yang dimilikinya. Robot yang memiliki bobot sebesar 4.5 ton dengan tinggi 4 meter dan lebar 3 meter ini memiliki sistem yang dinamai AE V-Sido.

 

Sistem ini digunakan untuk mengontrol kokpit yang terletak pada bagian dada sang robot untuk menggerakkannya. Untuk menambah kesan garang, Kuratas juga dilengkapi dengan aksesoris khas robot fiksi seperti senjata, rudal dan lain lain.

 

Selain dikendalikan secara langsung, Kuratas juga dikabarkan bisa dikendalikan dengan menggunakan Smartphone. Untuk memilikinya, Anda harus menyediakan uang sebesar US$ 1,3 juta atau sekitar 12 milyar rupiah. Kuratas sendiri akan dijual tahun ini.
read more

TechJet Dragonfly, Robot Capung unik yang Bisa Dikontrol Melalui Smartphone dan Komputer

Sebuah robot unik bernama TechJet Dragonfly baru saja diperkenalkan oleh para peneliti dari Georgia Institute of Technology. Robot yang memiliki ukuran sebesar genggaman tangan tersebut pun memiliki fungsi untuk fotografi udara, gaming serta keamanan.

 

Robot tersebut sendiri merupakan sebuah proyek yang didanai oleh angkatan udara Amerika Serikat. Untuk membuat robot tersebut, mereka pun rela mengeluarkan uang sebesar 1 juta USD kepada para peneliti.
Para peneliti tersebut pun memilih bentuk capung karena dinilai serangga tersebut dapat bergerak secara agresif. Selain itu, mereka pun memilih capung karena merupakan salah satu predator dalam rantai makanan. Dan, jenis predator seperti capung dinilai sangat layak untuk melakukan tugas mata-mata.
Robot ini dilengkapi dengan WiFi serta 20 jenis sensor. Dan, untuk memudahkan penggunaan, para pemilik robot ini bisa memakai smartphone atau komputer untuk mengatur geakannya. Robot ini dilengkapi dengan empat sayap mekanis, motor serta baterai lithium plymer.
Robot ini pun bisa diperoleh kalangan publik. Dan, TechJet Dragonfly ini ditawarkan dengan harga sebesar $99 USD. Selain itu, pihak produsen juga menawarkan versi lain dengan harga yang lebih mahal.
read more

VelociRoACH, Robot ala Kecoa dengan Kemampuan Berlari Tercepat di Dunia untuk Robot Mini

Sebuah robot mini berbentuk mirip kecoa nampaknya menjadi tren tersendiri saat ini. Hal ini terbukti dengan kemunculan beberapa robot mirip kecoa. Sebelumnya, Anda tentu masih ingat dengan robot bernama Roachbot. Kini, ada lagi produk serupa bernama VelociRoACH.

 

Robot ini memiliki bentuk yang mungil. Dengan panjang 10 centimeter, robot ini mempunyai kemampuan lari yang cukup cepat. Kecepatannya yang mampu mencapai 2.7 meter perdetik, membuat robot ini sebagai salah satu yang tercepat untuk robot seukurannya. Bahkan dibandingkan dengan kecoa asli, robot ini pun memiliki kemampuan lari lebih cepat.
Kunci dari kecepatan robot ini terletak pada enam kaki berbentu seperti huruf C yang mampu berputar dengan cepat. Bahkan kaki robot ini mampu menghentakkan kakinya ke tanah sebanyak 15 kali per detik.
Meskipun cepat, robot ini juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan stabilitas. Kaki robot ini diprogram sehingga terdapat tiga kaki yang akan menjejak ke tanah secara bersamaan. Selain itu, kalau robot ini mempunyai halangan di depannya, robot ini akan menggunakan kepalanya untuk menyingkirkan halangan tersebut.
Robot ini pun memiliki ukuran yang sangat ringan, yakni 30 gram. Meskipun begitu, robot ini mampu membawa beban hingga empat kali ukuran aslinya, yakni 120 gram. Lalu, kenapa robot ini didesain mirip dengan kecoa? Alasannya ternyata sederhana. Para pencipta robot ini mengatakan bahwa serangga merupakan miniatur yang sempurna untuk sebuah robot berkaki.
read more

FACE, Robot Humanoid yang Bisa Melakukan Beragam Ekspresi Wajah Mirip Manusia Asli

Robot humanoid kini semakin banyak bermunculan. Bahkan banyak diantara para analis yang memperkirakan bahwa tugas para pekerja seks komersial nantinya akan digantikan oleh robot –robot. Dan yang terbaru adalah hadirnya robot yang dinamai FACE, sebuah robot humanoid wanita yang bisa melakukan beragam ekspresi wajah seperti wajah manusia pada umumnya.

 

Robot yang dikembangkan oleh Nicole Lazzeri dan timnya ini dibekali dengan kurang lebih 32 motor di sekitar tengkorak dan dada sehingga memungkinkannya untuk melakukan aktivitas otot seperti otot manusia asli.
Untuk dapat menciptakan sebanyak mungkin ekspresi wajah dengan hanya 32 motor, Lazzeri membuat program yang dinamakan HEFES (Hybrid Engine for Facial Expressions Synthesis, yang merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengontrol motor yang ada dalam FACE.

 

HEFES mengacu pada Facial Action Coding System yang mendaftar bagaimana emosi tertentu akan dicapai dalam gerakan otot. HEFES memungkinkan operator untuk memilih ekspresi untuk FACE antara klasifikasi emosi dasar yang mudah, seperti takut, marah, jijik, terkejut, bahagia dan bahkan ekspresi sedih.
read more

Roachbot, Robot Kecoak mirip Kecoak Asli yang Dikendalikan iPhone atau iPad

Anda tentunya akan merasa geli atau bahkan takut ketika melihat serangga bernama kecoak. Namun, ketika melihat Roachbot, mungkin anda akan berdecak kagum. Roachbot adalah sebuah robot berbentuk serangga yang diciptakan untuk berbagai hal, termasuk menjahili teman Anda yang takut dengan kecoak.
Roachbot adalah sebuah robot yang dikembangkan oleh Japan Trust Technologies di awal tahun 2012. Baru-baru ini Japan Trust Technologies mempublikasikannya dengan tambahan fitur baru yang memungkinkan robot kecoak ini untuk dikendalikan dengan perangkat Apple, baik itu iPhone ataupun iPad.
Anda membutuhkan aplikasi tambahan yang dibuat eksklusif untuk kedua perangkat tersebut. Dan saat baterai robot kecoak ini habis setelah dimainkan,Anda hanya perlu menghubungkan Roachbot ke sumber listrik atau komputer melalui kabel USB yang sudah tersedia di paket penjualan.
Anda bisa mengatur kecepatan gerak sehingga gerakan Roachbot akan terlihat sama persis dengan gerakan kecoak asli. Tentunya penyamaran Roachbot ini akan membuat “korban” anda tidak akan menyadari apakah itu kecoak asli atau bukan. Karena itulah, Anda harus gesit dalam memainkan pergerakan robot ini jika sewaktu-waktu korban anda secara refleks langsung memukul atau menginjak Roachbot.
read more

Ilmuan asal Korea Selatan Temukan Baterai dengan Kemampuan Pengisian Ulang 120 Kali Lebih Cepat Dibanding Baterai Li-Ion

Beberapa peneliti dari Korea Selatan, tepatnya dari Ulsan National Institute of Science and Technology, berhasil menemukan sebuah baterai canggih. Baterai tersebut pun mereka klaim memiliki kemampuan pengisian ulang yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan baterai Li-Ion yang banyak digunakan pada perangkat mobile.

Para peneliti tersebut pun menggunakan material nanopartikel yang biasanya digunakan pada baterai konvensional. Bedanya, material tersebut akan digunakan dalam bentuk larutan. Dengan metode tersebut, Kementerian Pendidikan, Sains dan Teknologi Korea Selatan mengklaim bahwa baterai ini mampu meningkatkan kecepatan pengisian baterai antara 30 kali hingga 120 kali.
Cho Jae-phil yang merupakan profesor di Ulsan National Institute of Science and Technology mengatakan bahwa baterai ini sangat penting bagi perkembangan teknologi. Dengan memakai teknologi baterai tersebut pada mobil listrik, maka pengisian baterai dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu menit.
read more
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Welcome-Thank's to Visit